Kapal Siluman Rp. 114 Milliar Akhirnya Diluncurkan


KRI Klewang 625

    KRI KLEWANG 625
Kapal cepat rudal (KCR) jenis Trimaran (Kapal berlambung lebih dari satu) akhirnya diluncurkan oleh perusahan galangan kapal PT. Lundin Industry Invest di pantai cacalan, Kalipuro, Banyuwangi, Jatim. kapal yang di beri nama KRI Klewang 625 itu adalah kapal perang tercanggih yang di miliki TNI-AL.

Peluncuran kapal Siluman tersebut di lakukan wakil logistik KSAL Laksamana Pertama (Laksma) Sayyid Anwar. tidak ketinggalan pula Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anas ikit menyaksikan peluncuran kapal perang yang di klaim paling inovatif tersebut.



Dalam lima bulan mendatang kapal perang canggih yang merupakan prototipe itu langsung bisa dioperasionalkan memperkuat jajaran armada tempur TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut memesan empat unit kapal, dan dalam lima bulan mendatang sudah jadi satu kapal perang Trimaran, sedangkan tiga unit lainnya akan segera dibangun secara bertahap hingga 2014.
Satu unit kapal Trimaran dihargai sekitar Rp. 114 miliar dan sumber dana yang diambil dari APBN 2011. Jika proyek pengadaan ini berhasil, maka bangsa Indonesia mengukir sejarah karena berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon pertama di dunia, dan kapal ini rencana akan dipatenkan dan diekspor ke luar negeri.

kri klewang
Spesifikasi KRI Klewang 625 :

- Produsen : PT. Lundin Industry Invest Banyuwangi, Jatim, Indonesia. ini merupakan negara kedua di dunia   yang memiliki kapal jenis ini.

- Mesin Utama : 4X Marine Engines MAN B&W nominal 1.800 PK
- Bahan Frame :  Komposit Serat Karbon. Serat Karbon di klaim Lebih kuat 20 kali dari baja
- Jumlah Lambung : Lambung Utama dan dua lambung kecil yang menempel di kiri dan kanan lambung utama.
- Kapasitas Penumpang : 27 Orang
- Kecepatan : 30-35 Knot
- Bobot Mati : 53,1 GT (Gross TonNage)
- Lebar 15 Mtr
- Panjang : 63 Mtr
- Senjata Utama : Empat Rudal C 705 buatan Tiongkok

X3KTrimaran1

Kelebihan KRI Klewang 625 :

- Dengan bentuk lambung yang khusus, kapal ini di klaim mampu menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas.
- Tidak dapat terdeteksi radar  musuh karena material tidak berbahan baja.
- memiliki jangkauan tembak rudal dengan target 120 km.
- Lebih kuat 20 kali dari baja.

Kita berharap semoga dengan datangnya KRI Klewang menjadi titik balik bagi indonesia untuk semakin serius melengkapi persenjataan TNI demi menjaga keutuhan NKRI, dan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju. 

Sekilas PT. Lundin Industry Invest:
Direktur John Lundin Yohanes pria asal Swedia, beristrikan wanita Indonesia yang bernama Lizza sedang mendesain dan membuat kapal berkecepatan tinggi untuk patroli dan penyergapan pembajak yang dibantu oleh beberapa orang ahli dibidangnya di seluruh dunia untuk merancang KCR Trimaran ini. Proyek besarnya saat ini adalah KCR Trimaran yang mampu melesat 35 knot ini sama dengan 150 kilometer / jam ukuran kecepatan di darat.
PT. Lundin Industry Invest merupakan perusahaan yang telah berdiri di Banyuwangi sejak tahun 2004 dan telah memproduksi 72 unit kapal untuk militer, SAR dan kapal pesiar. Selain melayani TNI AL, berbagai produksinya diekspor ke Australia, Brunei, Thailand, dan Malasyia.















Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

Download

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting